Jasa kontraktor rumah

jasa kontraktor rumah

Jasa kontraktor rumah – Arte Living

Jasa kontraktor rumah adalah salah satu jenis jasa bangun rumah seperti renovasi rumah ataupun pembangunan sejak awal. Jasa kontraktor rumah dari Arte Living adalah jasa kontraktor yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dan tidak hanya menangani proses pembangunan rumah tapi juga menyediakan layanan jasa kontraktor rumah, jasa kontraktor kantor, dan jasa kontraktor bangunan lainnya yang kalian butuhkan.

Saat membangun rumah sama saja seperti membangun sebuah impian, untuk itu perlu bantuan dari orang yang tepat yang bisa mewujudkan impian kita kedalam bentuk nyata secara jelas dan sesuai, dan yang bisa mewujudkan rumah impian kita adalah seorang kontraktor rumah.

Tugas dan tanggung jawab jasa kontraktor rumah

  1. Melaporkan kepada client mengenai pengembangan proyek pembangunan rumah secara berkala dalam waktu harian, mingguan, dan sampai bulanan. Apa saja yang menjadi hal wajib untuk dilaporkan? Pertama, kalian harus melaporkan mengenai proses pelaksanaan pekerjaan, kedua yaitu perkembangan proyek pembangunan yang telah tercapai, ketiga mengenai jumlah tenaga kerja yang terlibat dalam tahap pembangunan, dan hal hal lain seperti cuaca atau masalah yang tak terduga lainnya.
  2. Tanggung jawab lain dari jasa kontraktor rumah adalah berupa pelaksanaan konstruksi bangun rumah harus sama dengan kontrak perjanjian yang telah disepakati antara perusahaan konstruksi dan client yang bersangkutan.
  3. Melaksanakan pekerjaan konstruksi bangunan yang sesuai dengan peraturan dan spesifikasi yang telah direncanakan dan ditetapkan dalam kontrak perjanjian pemborongan yang ada pada awal perencanaan pekerjaan.
  4. Jasa kontraktor rumah memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menyediakan tenaga kerja, alat, dan material yang dibutuhkan selama proses pengerjaan untuk menjaga kelancaran proyek pembelian material dapat didiskusikan terlebih dahulu kepada client, karena bisa saja client ingin membeli bahan bangunan sendiri.
  5. Tugas dan tanggung jawab dari jasa kontraktor rumah yang terakhir adalah menjaga keamanan lokasi dan menjaga alat yang berhubungan dengan pelaksanaan proses pembangungan.

Jasa kontraktor rumah

LIHAT JUGA: JASA DESAIN INTERIOR RUMAH JAKARTA

Tips memilih jasa kontraktor rumah

Seperti penjelasan diatas bahwa jasa kontraktor rumah akan terlibat langsung dengan proses mewujudkan impian anda untuk memiliki rumah yang nyaman. Oleh karena itu, anda harus berhati hati dalam proses pemilihan jasa kontraktor rumah. Berikut ini Arte Living akan memberikan beberapa tips untuk memih jasa kontraktor rumah yang profesional dan berpengalaman.

  1. Cari beberapa rekomendasi

Anda bisa mendapatkan beberapa rekomendasi dari kerabat, teman dan keluarga terdekat yang sudah pernah menggunakan jasa kontraktor rumah. selain dari orang terdekat, kalian juga bisa membaca review dari beberapa customer sebelum anda melalui internet. Dengan bukti foto dan review dari customer yang puas berarti juga ada kemungkinan besar untuk membuat anda puas dengan seluruh pelayanan dari jasa kontaktor rumah tersebut. Anda bisa menggunakan jasa kontraktor rumah dari Arte Living yang memiliki rekam jejak yang baik dimata client.

  1. Pastikan jasa kontraktor memiliki badan usaha

Idealnya jasa kontraktor rumah yang sudah profesional memiliki kantor dan izin operasi secara resmi. Mungkin ini terlihat sepele, tapi sebenarnya akar permasalahan akan muncul dari sini.

  1. Pahami Kontrak Kerja

Hubungan client dan kontrak kerja akan dimulai dengan adanya penandatangan diatas kontrak. Namun, sebelum menandatangani kontrak sebaiknya kalian membaca terlebih dahulu isi dari kontrak tersebut. jika masih belum ada yang anda mengerti, tanyakan terlebih dahulu kepada jasa kontraktor rumah yang bersangkutan sampai jelas.

  1. Teliti Lihat Rincian Harga

Tidak hanya memahami isi kontrak tapi juga harus teliti untuk melihat rincian harga. Pastikan anda sudah paham terhadap seluruh biaya agar ditengah tengah proses pembangunan tidak terjadi pengeluaran yang lebih besar dari biaya yang ditentukan sebelumnya.

  1. Tanyakan garansi setelah proyek selesai

Garansi sangat penting. Ini karena garansi merupakan sebuah jaminan untuk tiap masalah yang mungkin saja baru muncul setelah proses pembangunan selesai. Jika jasa kontraktor rumah sudah memberikan garansi, berarti jasa kontraktor tersebut sudah yakin dengan kemampuan dan keahlian yang dimilikinya. Salah satu jasa kontraktor jakarta yang memberikan garansi adalah Arte Living. Mau juga? Mudah saja, anda cukup dengan menggunakan jasa kontraktor rumah dari Arte Living.

Keuntungan menggunakan jasa kontraktor rumah Arte Living :

  1. Selesai tepat waktu
  2. Berkonsultasi kapanpun
  3. Mendengarkan seluruh keinginan client
  4. Memberikan garansi
  5. Harga terjangkau
  6. Memberikan pilihan material yang sesuai standar
  7. Bekerja sesuai dengan peraturan yang sesuai dengan standar
  8. Pelayanan ramah
  9. Jasa kontraktor rumah berpengalaman dan profesional
  10. Memiliki jam terbang tinggi

Nah, itu dia sekilas pembahasan kita mengenai jasa kontraktor rumah. Untuk informasi dan penjelasan yang lebih detail silahkan menguhubungi jasa kontraktor rumah Arte Living, sekarang juga.

 

Ruang Lingkup Kontraktor

Membangun maupun merenovasi rumah tentu memiliki kaitan erat dengan dengan jasa kontraktor. Namun apa sih sebenarnya arti dari kontraktor itu sendiri? Kontraktor merupakan orang, suatu badan hukum, atau pun badan usaha yang menjalin kontrak dalam menjalankan proyek pekerjaan berdasarkan apa yang ada pada isi kontrak itu sendiri, kontrak pun harus disepakati oleh pihak kontraktor dan klien.

Membahas tentang jasa kontraktor, memang mindset masyarakat cenderung mengarah ke proyek berskala besar, seperti pembangunan gedung perkantoran, mall, real estate, dan lain-lain. Proyek-proyek yang terbilang bonafit itu memang selalu dikerjakan oleh kontraktor karena berbagai alasan, diantaranya adalah karena kontraktor merupakan badan usaha yang telah mempunyai lisensi atau sertifikasi resmi.

Sementara untuk renovasi atau pembangunan rumah, jasa kontraktor juga menjadi salah satu pihak yang dapat diandalkan. Dalam pengerjaan proyek tersebut, kontraktor sering menawarkan sesuatu yang lebih di luar pengalaman, hal ini karena pengalaman mereka yang sudah berkiprah cukup lama di bidang konstruksi. Selain itu, kelebihan lainnya jika Anda bekerjasama dengan kontraktor adalah para pekerja itu sendiri. Mereka merupakan orang-orang yang memiliki lisensi serta sertifikasi resmi atas keahliannya di bidang konstruksi bangunan.

Misalnya, untuk mengerjakan suatu proyek gedung di atas sepuluh miliar, tentu kontraktor harus memiliki setidaknya 2 orang tenaga ahli serta dilengkapi oleh SKA (Sertifikat Keahlian) yang kualifikasinya minimum Ahli Madya (gelar vokasi yang diberikan kepada lulusan D3).

Disisi lain, jika proses pengerjaan proyek skala nya lebih menurun, seperti proyek pembangunan rumah, maka kontraktor akan melakukan pertemuan beberapa kali dengan calon customer. Tujuannya adalah untuk membahas Rencana Anggaran Biaya atau biasa disebut RAB serta Surat Perjanjian Kontrak Kerja (SPK). Setelah itu, kontraktor akan melakukan survey lokasi proyek rumah. Ketika survey pun kontraktor harus melakukan pengukuran lebih detail dan terperinci, yang berguna untuk membantu perhitungan SPK supaya menjadi akurat.

Proyek rumah yang proses pengerjaan menggunakan jasa kontraktor pada dasarnya membutuhkan lebih banyak persiapan dari calon klien atau customer. Karena kesiapan itulah yang dapat membuat pekerjaan kontraktor lebih terstruktur dan lancar. Dengan demikian, jika terjadi kesalahpahaman ketika proyek dikerjakan, Anda selaku klien bisa merujuk pada SPK yang telah dibuat bersama sebelumnya.

 

Ciri Kontraktor Tak Bertanggung Jawab Itu Bagaimana? Simak Ulasannya

Penipuan kontraktor kerap dilakukan dengan berbagai modus tertentu untuk mendapatkan mangsa atau target. Jika Anda sedang merasa bingung mencari jasa kontraktor rumah, hal-hal ini perlu Anda ketahui terlebih dahulu! Jika Anda menemukan kontraktor dengan ciri seperti dibawah, sebaiknya dihindari karena kemungkinan besar Anda sedang menjadi target modus penipuan kontraktor.

  1. Memperlihatkan Foto Proyek yang Sudah Dikerjakan Sebelumnya

Salah satu modus penipuan yang bisa dikenali adalah mereka akan memperlihatkan foto-foto proyek yang dulu sudah pernah dikerjakan, akan tetapi proyek tersebut berada jauh atau bahkan di luar kota tempat tinggal Anda. Dengan demikian, Anda tidak akan memiliki kesempatan atau waktu untuk melakukan survey terkait hasil yang telah mereka kerjakan sebelumnya.

  1. Mendatangi Target yang Potensial Untuk Membeli Jasa Mereka

Kontraktor penipu juga biasanya akan menghampiri atau mendekati target baik secara langsung ataupun tidak langsung. Era digital dan teknologi membuat Mereka memanfaatkan fasilitas internet dan media sosial dalam mendekati targetnya. Bahkan, untuk mengetahui target dengan tepat, para kontraktor penipu ini juga biasanya terlebih dahulu melakukan survei target. Dengan modus terencana seperti ini, mereka memang sedikit cerdas namun menyeramkan.

  1. Terkesan Ambisius

Saat jasa kontraktor rumah memberikan penawaran, mereka akan terlihat sangat ambisius. Mereka juga akan menawarkan banyak janji terkait pekerjaannya sehingga terlihat terlalu bersemangat. Bahkan, tak sedikit pula ada diantara meraka yang menawarkan jasa yang terkesan sedikit memaksa.

  1. Bertemu di Luar Kantor

Kontraktor penipu akan selalu mengajak calon target membahas proyek di luar kantor. Wajar saja, pasalnya mereka memang tidak memiliki kantor atau kantor nya tidak tetap. Mereka akan terus memberikan berbagai alasan jika diajak bertemu di kantornya, dan lebih memilih tempat  luar.

  1. Menawarkan Harga di Bawah Pasaran

Jangan tergiur dahulu dengan harga yang ditawarkan, kontraktor gadungan tentu melakukan berbagai upaya guna menarik targetnya, termasuk menawarkan harga yang jauh di bawah rata-rata harga pasar. Hal tersebut dilakukan supaya targetnya tergoda sehingga masuk ke dalam jebakan. Mereka pun kerap menawarkan janji hingga bonus-bonus kepada Anda, sebut saja seperti pembuatan pagar gratis, diskon harga tak masuk akal, biaya cat gratis, dan lain sebagainya.

  1. Permintaan Jumlah DP yang Sangat Besar

Saat mereka berhasil mendapatkan target serta sudah mencapai kesepakatan, biasanya penipuan berkedok kontraktor akan meminta DP atau uang muka dengan jumlah besar, sekitar 50 persen atau lebih dari keseluruhan biaya pembangunan.

Tentunya mereka akan memberikan berbagai macam alasan seperti penggunaan uang DP bisa mempercepat proses pengerjaan, membeli berbagai produk  dan materi yang menunjang pembangunan, dan banyak lagi.

Jika sudah mendapatkan apa  yang mereka inginkan, yakni muka sebesar 50 persen atau lebih dari kliennya, mereka pun dalam waktu singkat akan menghilang dan memutus kontak dengan Anda. Mereka juga akan kabur ke luar kota agar tidak bisa dicari oleh Anda. Mereka juga akan mengganti nomor atau bahkan membeli ponsel baru untuk menghilangkan jejak.

 

KONTRAKTOR RUMAH PROFESIONAL

Mengingat cukup banyaknya kasus penipuan berkedok kontrator bangun rumah, tentu Anda harus lebih ekstra waspada. Oleh sebab itu, alangkah bainya Anda ketahui bagaimana ciri-ciri kontraktor rumah profesional berikut:

  1. Penawaran harga yang wajar

Sebaiknya hindari kontraktor bangun rumah dengan penawaran harga yang sangat jauh di bawah kontraktor lain. Meski terlihat murah serta dianggap memiliki harga terbaik, hal tersebut bukanlah suatu jaminan kualitas hasil pekerjaan mereka.

Biasanya, kontraktor rumah yang memberikan harga dibawah rata-rata cendrung akan menekan biaya, yakni dengan cara mengorbankan kualitas material bahan bangunan, pengurangan volume, dan lain-lain. Hal tersebut pada akhirnya akan membuat beban lebih banyak bagi Anda, karena harus memperbaiki atau bahkan pembuatan ulang bangunan.

  1. Memiliki kontrak Kerja

Kontraktor rumah profesional tentu memiliki kontrak kerja yang transparan dan jelas. Kontrak kerja tersebut setidaknya mesti memperlihatkan jenis atau item pekerjaan, proses pelaksanaan berupa renovasi atau membangun rumah, biaya yang harus dikeluarkan, sistem pembayaran, dan menjelaskan kemungkinan-kemungkinan masalah yang dihadapi saat proses pengerjaan.

  1. Mudah dihubungi

Kontraktor rumah profesional tentunya harus memiliki alamat jelas, kantor, telepon, dan email. Untuk kemajuan teknologi seperti sekarang, mereka juga biasanya membuat website berbayar agar terlihat lebih profesional.

Perlu Anda ketahui, Kontraktor rumah yang baik akan selalu siap menanggapi apapun keluh kesa Anda dengan tepat waktu, sopan, dan santun.

  1. Dp Atau Uang Muka Dengan Jumlah Wajar

Biasanya, kontraktor profesional akan mengenakan uang muka atau DP (Down Payment)sebagai tanda Deal atau biaya pekerjaan untuk pelaksanaan awal saat hendak membangun rumah. Mereka akan meminta DP maksimal 25% dari keseluruhan biaya. Tentunya, uang tersebut akan disesuaikan dengan proses pekerjaan awal hingga proses penyelesaian bangunan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda harus menghindari kontraktor yang meminta pembayaran DP tinggi hingga 50% atau lebih besar.

  1. Memiliki Catatan Keuangan Yang Baik

Meski hal ini merupakan rahasia dapur kontraktor, namun jika memungkinkan cari tahu terkait catatan keuangan kontraktor yang hendak melakukan kerjasama dengan Anda. Jika Anda mendapati laporan kredit macet, bisa jadi hal tersebut merupakan salah satu petunjuk kemungkinan adanya praktek bisnis yang buruk serta dapat membahayakan proyek pembangunan rumah Anda.

  1. Dapat Memberikan Referensi Pelanggan

Kontraktor profesional atau pemborong bangunan profesional tentu memiliki banyak pengalaman di bidangnya. Hal ini membuat kontraktor mempunyai banyak referensi proyek pembangunan rumah maupun renovasi yang sudah selesai atau masih ia kerjakan.

Setelah melihat bagaimana ciri kontraktor gadungan atau penipu serta kontraktor profesional di atas tentu memberi pengetahuan lebih terkait pemilihan jasa kontraktor rumah Anda. Selain itu, jangan sampai menjadi salah satu korban penipuan karena kelalaian Anda sendiri. Jika Anda terjebak, bukan hal mustahil bila kerugian besar menanti Anda.